Kapal Survei Kondisi Terumbu Karang Tenaga Matahari

Posted by Unknown Tuesday, March 4, 2014 0 comments
Kapal Tenaga Surya Kapal katamaran made in Indonesia, sukses menempuh perjalanan dimulai dari Tanjung Burung, Tangerang sampai Pantai Putri Duyung, Ancol, Jakarta. I foto : trobos.com - See more at: http://logilmu.blogspot.com/2013/09/kapal-tenaga-surya-made-in-luar-negeri.html#sthash.uANPiIb8.dpuf

Hal yang menarik ketika menghadiri pembukaan Rapat Kerja Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan di Hotel Panghegar Bandung tanggal 3 Maret 2014 salah satunya adalah melihat model Kapal Katamaran Tenaga Matahari. Kapal ini sangat cocok untuk melakukan survey kondisi terumbu karang yang ramah lingkungan karena menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya.

Dilansir dari trobos.com, 7 peneliti dari Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan (P3TKP) Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) untuk mengoptimalkan energi surya tersebut melalui solar panel sebagai sumber penggerak motor listrik pada kapal katamaran (lambung ganda). Mereka adalah Donald Manurung sebagai ketua tim, serta anggota yang terdiri atasHandy Chandra, Permana Ari S, Indra Pratama, Dwiyoga Nugroho, Sofiyan Muji P, dan Oo A Rosyid.

Pengujian lapangan awal Februari lalu menunjukkan hasil yang menggembirakan. Menurut Donald, kapal mampu mencapai kecepatan 4 knot atau 8 km/jam serta jarak tempuh hingga 15 mil laut atau 30 km pada putaran maksimum motor. Dan wahana ini mampu berlayar di sekitar pantai dengan ketinggian gelombang maksimum 0,5–0,8m. Perjalanan tersebut dimulai dari Tanjung Burung, Tangerang sampai Pantai Putri Duyung, Ancol, Jakarta.
- See more at: http://logilmu.blogspot.com/2013/09/kapal-tenaga-surya-made-in-luar-negeri.html#sthash.uANPiIb8.dpuf
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kapal Survei Kondisi Terumbu Karang Tenaga Matahari
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://pesisircelebes.blogspot.com/2014/03/kapal-survei-kondisi-terumbu-karang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of RENCANA ZONASI.

Translate

Total Pageviews