Budidaya Karang Hias di Kabupaten Donggala

Posted by Unknown Thursday, February 27, 2014 0 comments
Data tentang kerusakan terumbu karang di Indonesia pada umumnya sudah banyak diketahui secara luas yaitu sekitar 60 - 70 % dari karang yang ada. Ditambah lagi dengan adanya kuota pengambilan karang hias dari alam yang sumber lokasi pengambilannya tidak bisa diketahui secara pasti karena ijin ambil dari BKSDA hanya menujukkan lokasi Provinsi.  Sehingga tingkat kecenderungan akan terus mengalami degradasi sumberdaya terumbu karang di satu tempat di kemudian hari akan semakin tinggi jika tidak dibarengi dengan kegiatan rehabilitasi / restorasi terhadap terumbu karang yang rusak tersebut.

Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar sebagai salah satu Management Authoriy berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 tahun 2008 tentang Konservasi Sumberdaya Ikan telah dimandatkan untuk secara langsung melakukan upaya konservasi; diantaranya konservasi terumbu karang melalui pendekatan pemberdayaan berbasis masyarakat. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan mengembangkan budidaya karang hias berbasis masyarakat di Desa Kabonga Kecil Kecamatan Banuwa Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan budidaya karang hias ini adalah berupa pembelajaran secara teori oleh beberapa narasumber. Dilanjutkan dengan pembuatan rak-rak transplantasi (rak indukan / F0 dan rak anakan / F1), penanaman bibit karang hias di atas rak dan penempatannya di bawah laut (deploy) menggunakan alat selam (Scuba).
Pelatihan ini diikuti oleh salah satu kelompok masyarakat pengawas (POKMASWAS) yang ada di Kabupaten Donggala yaitu Kelompok Kerapu yang beranggotakan 10 orang.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Budidaya Karang Hias di Kabupaten Donggala
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://pesisircelebes.blogspot.com/2014/02/budidaya-karang-hias-di-kabupaten.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of RENCANA ZONASI.

Translate

Total Pageviews