Ikan Raksasa berat 379 Kg ditemukan di Kabupaten Tolitoli

Posted by Unknown Wednesday, March 12, 2014 0 comments
Pada tanggal 28 Februari 2014 telah ditemukan ikan Mola-Mola (sun fish) di perairan kabupaten Tolitoli tepatnya di sekitar pulau Simatang Tolitoli yang secara tidak sengaja tersangkut rawai oleh nelayan pemancing tuna, kemudian nelayan tersebut menarik ikan Mola-Mola tersebut ke perairan sekitar Galumpang dan akhirnya Mola-Mola tersebut tersangkut di jaring Kapal "Burung Laut" milik bapak Edy (kapal penangkap cakalang), pada saat itu para awak kapal Burung laut menebar jaring untuk menangkap ikan ikan kecil sebagai umpan cakalang.
Mengetahui ada ikan besar yang tersangkut di jaring maka para awak kapal menarik dengan sekuat-kuatnya ikan tersebut sehingga berhasil dinaikkan ke atas kapal (pada saat itu para nelayan tidak mengetahui sama sekali jenis ikan yang baru saja mereka tarik tersebut dan menganggap ikan tersebut sebagai ikan aneh. Malam harinya setelah mendaratkan ikan cakalang hasil tangkapannya, para nelayan yang kebingungan dengan ikan besar tersebut kemudian melapor kepada Bpk.Edy sebagai pemilik kapal Burung Laut dan pak Edy juga tidak mengetahui jenis ikan tersebut akhirnya menyerahkan ikan tersebut kepada Bpk. H.Bahar  untuk disimpan di coldstorage yang berada di dekat rumahnya di Jl.Wolter Monginsidi Kel.Nalu, sambil terus mencari informasi tentang jenis ikan tersebut.

Setelah disimpan selama 2 hari dan masih tidak diketahui jenisnya apa, akhirnya pak Bahar memberitahukan kepada Bpk.Hardiyan selaku kadis DKP kab.Tolitoli dengan maksud agar ikan tersebut dapat diidentifikasi sekaligus berkonsultasi terkait dengan apa yang sebaiknya akan dilakukan terhadap ikan aneh tersebut.

Dari pihak dinas KP Tolitoli juga tidak mengetahui jenis ikan tersebut dan akhirnya memberitahukan perihal ikan tersebut kepada penanggung jawab wilker  karantina ikan di Tolitoli. Setelah dilihat akhirnya dapat diidentifikasi bahwa ikan besar yang dianggap aneh tersebut merupakan ikan jenis ikan Mola-Mola (Sun Fish) dengan beratnya setelah ditimbang 379kg, dalebarnya 2m sedangkan panjangnya 1,2m.

Awalnya mereka berencana membuang ikan  tersebut ke laut karena takut mengkonsumsi dagingnya. Namun setelah diinformasikan bahwa daging ikan Mola-Mola tersebut bisa dimakan, bahkan menjadi makanan eksklusif di Jepang dan Hongkong. Akhirnya merekapun membelah ikan tersebut kemudian mengambil dagingnya untuk dikonsumsi. Salah satu siripnya untuk di awetkan di Wilker Karantina Ikan Tolitoli dan ada yang diserahkan ke BPSPL Makassar untuk diuji genetik DNA - nya.

Sumber : Rosihan Anwar (Penanggung jawab Wilker Karantina Ikan Tolitoli)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ikan Raksasa berat 379 Kg ditemukan di Kabupaten Tolitoli
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://pesisircelebes.blogspot.com/2014/03/ikan-raksasa-berat-379-kg-ditemukan-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of RENCANA ZONASI.

Translate

Total Pageviews